6 Manfaat dari Berdonasi yang Dapat Dirasakan Secara Langsung

Berbuat kebaikan di bulan suci Ramadan dan Idulfitri yang penuh berkah seperti berbagi dengan sesama akan mendatangkan banyak keberkahan. Selain pahala berlimpah, berbagi juga bisa membahagiakan orang dan memberi banyak kebaikan bagi kita sendiri lho.

Ramadan dan Idulfitri adalah momen penuh berkah. Kebaikan sekecil apapun, pahala yang didapat juga melimpah. Apalagi kebaikan berupa berbagi dengan teman, saudara, maupun orang lain, selain pahala ada juga keuntungan yang lebih banyak lagi lho. Simak satu demi satu ya!

1. Semakin dihargai dan dihormati

Ini bisa dilihat ketika kamu merupakan seorang karyawan di sebuah perusahaan dan memiliki bawahan. Memberikan sedikit hadiah kepada anak buah akan meningkatkan kepercayaan dirimu memimpin tim. Berbagi adalah cara terbaik bagi pimpinan memperkuat kerjasama tim. Kamu akan semakin dihargai dan dihormati oleh mereka.

2. Bersyukur

Hanya dengan menyisihkan sebagian kecil dari yang kita miliki, kita menjadi tahu kalau banyak orang yang bernasib kurang beruntung. Kita akan bersyukur dengan apa yang sudah dimiliki, setuju?

3. Mengurangi stres

Tidak ada yang bersedekah sambil cemberut, pasti tersenyum dengan wajah bahagia. Karena saat berbagi, otak memproduksi hormon dopamine yang menghasilkan perasaan bahagia dan hormon oxytocin yang mengurangi stres.

4. Meningkatkan kepedulian sosial

Pasti kita pernah menerima kebaikan dari orang lain, ‘kan? Coba ingat lagi deh, adakah orang-orang di sekitar kamu yang kerap membantumu tanpa pamrih? Nah, mereka inilah yang layak menerima balasan bantuan dari kamu. Misalnya, asisten rumah tangga, satpam di komplek atau kantormu, tukang sayur keliling, atau mungkin tukang yang membangun rumah kamu dulu? Hanya dengan berbagi dan menolong, kita bisa meningkatkan rasa kepedulian sosial terhadap sesama lho.

5. Menciptakan persaudaraan dan persatuan

Sekecil apapun pemberian kamu kepada orang lain, mereka akan senang dan mengingatnya. Bukan tidak mungkin, saat kita bertemu di jalan, akan saling sapa dan saling tolong menolong. Tangan kita akan menjadi lebih terbuka untuk saling berangkulan, bersatu setelah saling berbagi.

6. Menularkan kebaikan

Pernah mencoba membantu orang yang motornya mogok di jalan? Nah, saat kita menolong pengendara kendaraan bermotor yang mogok, perbuatan baik kamu akan teringat di pikiran mereka. Biasanya, mereka akan melakukan hal sama saat ada orang lain yang membutuhkan pertolongan.­ Ini yang dimaksud dengan kebaikan yang menular.

7. Memperpanjang usia seseorang

Manusia adalah makhluk sosial, itu artinya makhluk yang tidak dapat hidup sendiri dan saling membutuhkan. Dengan tolong menolong, maka tidak akan pernah rugi. Termasuk terkait kesehatan dan usia. Selama seseorang selalu menegakkan nilai-nilai saling menolong, maka akan memperpanjang usianya.

Sedangkan berbuat kebaikan seperti tolong menolong, ini sangat berlaku untuk semua orang dengan berbagai jenjang usia.

8. Memberi pengalaman yang istimewa

Kamu sering menolong orang? Tentunya saat memberi bantuan kepada sesama, maka akan memberi pengalaman yang istimewa di hati kamu.

Dengan berpartisipasi dalam aktivitas tolong-menolong, ini juga dapat membantu meningkatkan kualitas lingkungan sekitar.

Bahwa seseorang yang ikut serta dalam aktivitas tolong-menolong, ternyata juga mampu meraih rasa percaya diri yang tinggi.

9. Memunculkan rasa bahagia

Kamu pernah merasa bahagia ketika menolong orang lain?  Saat melakukan hal yang menyenangkan, ini berpotensi mendorong stimulus produksi hormon endorfin.

Secara psikologis, perilaku baik seperti menolong bisa memunculkan rasa bahagia karena dirinya merasa bermanfaat untuk orang lain. Dengan demikian, meringankan beban orang lain maka akan meningkatkan kualitas hidup yang lebih bermakna.

10. Menurunkan ketegangan dan tingkat stres

Selama tolong menolong dalam kebaikan, maka juga akan berpengaruh pada perasaan dan otak seseorang. Perbuatan menolong orang lain bisa mengaktifkan bagian otak yang memicu produksi endorfin dan mencegah stres.

Jadi, melakukan kebaikan dengan meringankan beban orang lain dapat menurunkan ketegangan dan tingkat kecemasan. Yuk, aktif di kegiatan tolong menolong antar sesama!

11. Berpotensi menurunkan tekanan darah tinggi

Ternyata, bagian otak yang merespons terhadap stres bisa melalui peningkatan tekanan darah. Mekanisme menolong orang lain, ini juga berpengaruh pada kesehatan. Termasuk penyakit tekanan darah tinggi.

Sebab, kondisi tekanan darah tinggi merupakan dipengaruhi oleh kondisi mental. Rasa bahagia yang didapat dari melakukan kebaikan seperti tolong menolong, maka berpotensi menurunkan tekanan darah.

Demikianlah kelima manfaag dari tolong menolong untuk kesehatan. Sudahkah kamu membantu yang dilakukan dengan tulus?

Untuk kamu yang ingin menolong sesame dengan mudah, tenang saat ini kamu dapat memanfaatkan situs crowdfunding sosial seperti WeCare.id.

Wecare.ID adalah situs web yang dibangun khusus untuk mengumpulkan dana bagi pasien-pasien di daerah terpencil atau sangat terpencil yang membutuhkan akses terhadap pelayanan kesehatan yang optimal dan JKN. WeCare bekerja sama dengan dokter-dokter di wilayah perifer untuk menghubungkan WeCare dengan para pasien tersebut sehingga mereka dapat memperoleh pengobatan dan fasilitas pendukung lainnya secara menyeluruh.

Melalui WeCare.id para calon donatur dapat melihat daftar dan informasi para pasien, memilih pasien yang ingin dibantu, lalu memberi bantuan dengan menyumbang mulai dari sepuluh ribu rupiah. Seluruh transaksi yang dilakukan akan ditampilkan secara transparan di website WeCare.