Bingung Memilih Software HRIS Terbaik? Simak Tipsnya Berikut Ini

Mau memilih Software HRIS terbaik? simak tips berikut ini terlebih dahulu! Kehadiran software HRIS terbaik merupakan hal yang sangat dibutuhkan bagi perusahaan saat ini.

Bagaimana tidak, software HRIS dengan berbagai fitur canggih menawarkan sejumlah kemudahan bagi perusahaan dalam mengelola administrasi personalia.

Software HRIS didefinisikan sebagai salah satu sistem yang dirancang untuk membantu perusahaan dalam membantu manajemen data dan informasi karyawan. Berkat software ini, tugas-tugas tim HR dapat menjadi ringan, sehingga produktivitasnya dapat ditingkatkan.

Di Indonesia sendiri umumnya terdapat tiga jenis software personalia yang biasa digunakan, yaitu HRIS (Human Resources Information System), HCM (Human Capital Management), dan HRMS (Human Resources Management System).

Fungsi Software HRIS bagi Perusahaan, Dan Alasan  Kenapa Harus Memilih Software HRIS Terbaik

Software Human Resource memiliki beberapa fungsi utama bagi perusahaan. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Memudahkan Akses Data

Kehadiran software ini membuat informasi data pribadi karyawan menjadi sangat mudah diakses lantaran data karyawan sudah secara otomatis tersimpan di database.

Dengan begitu, apabila karyawan atau HR membutuhkan suatu data, mereka bisa mengaksesnya kapan dan di mana saja asalkan terhubung koneksi internet. Selain mudah, data atau informasi yang tersimpan di database juga terjamin keamanannya.

2. Meningkatkan Efektivitas Waktu

Tim HR memiliki banyak sekali tugas yang berkaitan dengan administrasi perusahaan, beberapa di antaranya adalah masalah penggajian karyawan, pencatatan kehadiran, pengajuan cuti karyawan, pemantauan kinerja karyawan, proses rekrutmen dan lain sebagainya.

Dengan software HRIS, seluruh tugas personalia tersebut dapat terbantu dan diselesaikan secara otomatis, sehingga waktu HR tidak terbuang dan dapat digunakan untuk kegiatan lain yang lebih bermanfaat.

3. Meminimalisir Human Error

Jika pengelolaan data karyawan dilakukan secara manual, maka peluang untuk terjadi kesalahan atau human error cenderung lebih besar. Human error ini tidak bisa dianggap sepele karena langsung berdampak terhadap karyawan, terutama soal penggajian.

Salah satu fungsi software HRIS adalah mengurangi terjadinya kesalahan. Dengan menggunakan software ini, manajemen administrasi akan terkelola dengan baik karena data diolah secara otomatis dalam sistem komputasi cloud.

Selain itu, data yang dihasilkan juga akurat karena informasi satu dan lainnya  di software berbasis online ini saling terintegrasi. Misalnya, fitur absensi yang terintegrasi dengan fitur penggajian.

Memilih Software HRIS Terbaik? Simak Tips Berikut Ini

Pengelolaan karyawan yang baik merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan perusahaan. Untuk itu, mendukung hal tersebut perusahaan harus memilih software HRIS terbaik. Berikut hal yang perlu diperhatikan agar tidak salah pilih software HRIS :

1. Sesuaikan dengan Budget dan Kebutuhan Perusahaan

Pertama-tama, pilihlah software HRIS yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing perusahaan, sebab nantinya perangkat tersebut akan digunakan untuk mengakomodir manajemen administrasi perusahaan.

Catat apa saja hal-hal yang dibutuhkan oleh perusahaan, kemudian pilih software  yang menyediakan fitur seperti yang Anda butuhkan agar tepat guna. Selain kebutuhan, pilih pula software yang sesuai dengan yang telah ditetapkan perusahaan, agar tidak boros.

2. Perhatikan Sistemnya

Kedua, perhatikan sistem software HRIS yang ingin Anda pilih. Kaji apakah fitur-fitur dalam sistem tersebut mampu membantu perusahaan Anda mengelola operasional perusahaan.

Biasanya, developer software akan memberikan masa uji coba gratis untuk memastikan keakuratan penghitungan pada sistem. Manfaatkan sebaik-baiknya waktu tersebut untuk membandingkan pekerjaan yang dilakukan sistem dengan pekerjaan manual.

3. Tampilan User Friendly

Ketiga, pilih software HRIS yang memiliki tampilan ramah pengguna atau user friendly. Mengingat tujuan utama pemanfaatan software ini adalah membantu menyederhanakan dan mempercepat pengelolaan administrasi, maka software tersebut harus mudah digunakan dan dipahami oleh seluruh karyawan.

Dengan tampilan user friendly, karyawan yang awam akan teknologi pun tidak akan butuh waktu lama untuk beradaptasi dan mengoperasikan software tersebut, sehingga kinerja perusahaan akan menjadi lebih cepat.

4. Menjamin Keamanan Data

Jika tidak berhati-hati dalam menyimpan data pada sebuah perangkat lunak berbasis internet, maka risiko penyalahgunaan data akan lebih besar. Oleh karena itu, pilih software HRIS yang dapat menjamin keamanan dan kerahasiaan data internal perusahaan Anda dengan tepat. Pastikan software tersebut memperbarui sistem untuk menghindari peretasan.

5. Head to Head dari Segi Harga

Penyedia software HRIS di Indonesia sangat beragam baik soal fitur yang ditawarkan maupun harga. Saringlah beberapa opsi software yang kira-kira sesuai kebutuhan, kemudian bandingkan masing-masing harga dan layanan yang diberikan. Terkadang, harga yang mahal tidak menentukan kualitas.

Itulah beberapa tips untuk memilih software personalia yang tepat bagi perusahaan. Talenta by Mekari merupakan salah satu penyedia software HRIS terbaik di Indonesia.

Dibekali berbagai fitur canggih mulai dari absensi, cuti hingga perhitungan payroll, Talenta dapat dijadikan solusi membantu mengelola administrasi perusahaan dengan lebih praktis.