Cara Memilih Program Pelatihan Kerja Bersertifikat Terbaik

Dampak pandemi memang begitu besar di dunia usaha, banyak diantaranya pelaku usaha yang terpaksa harus gulung tikar terkait dengan kondisi pandemi yang tidak kung berakhir. Banyak juga orang-orang yang terkena PHK karena perusahaan bangkrut. Dalam kondisi semacam ini mengasah skill adalah hal penting yang hendaknya Anda lakukan, jika seandainya skill meningkat maka nantinya akan lebih mudah juga untuk mendapatkan pekerjaan baru. Begitu juga bagi perusahaan yang masih bertahan, hendaknya harus meningkatkan keterampilan karyawan mereka, sehingga nantinya tetap bisa bertahan selama masa pandemi dengan inovasi yang baru. Anda bisa mengikuti program pelatihan kerja bersertifikat.

Marak memang keberadaan dari program-program semacam ini dan juga dengan berbagai macam kelas yang berbeda. Tentunya dapat disesuaikan dengan minat dan juga bakat Anda bukan. Apalagi dengan adanya pelatihan semacam ini akan membantu mengasah keterampilan. Bagi yang sedang senggang waktunya, paling tidak waktu luang dapat digunakan untuk melakukan kegiatan yang berguna bukan. Sehingga tak perlu khawatir untuk mengikuti program tersebut.

Namun dalam memilih program pelatihan kerja bersertifikat agaknya juga tak boleh sembarangan, sehingga nantinya Anda tak menyesal, berikut ini yang harus diperhatikan, yaitu:

  1. Pastikan yang sudah legal atau memiliki izin usaha resmi, karena kebanyakan sekarang ini adalah lembaga pelatihan yang sekedar ikut0ikutan karena trend Pra kerja dari pemerintah. Belum memiliki izin usaha resmi sehingga untuk kualitasnya juga harus dipertanyakan. Jadi paling aman harus dicek terlebih dahulu apakah mereka sudah resmi ataukah belum.
  2. Ketahui apa saja program pelatihan yang ditawarkan, hal lainnya yang tidak kalah penting adalah melihat kelas-kelas atau program pelatihan yang ada. mengingat bagaimanapun terkadang program pelatihan yang ditawarkan tersebut tidak sesuai dengan apa yang dibutuhkan, jika memang yang dimaksudkan tidak ada maka bisa mencari di lembaga pelatihan yang lainnya bukan. Jangan hanya terpaku pada satu lembaga pelatihan saja.
  3. Ketahui kualitas mentor atau trainernya, penting juga bagi Anda untuk mengecek kualitas pelatih atau mentor yang mengajar disana, sehingga nantinya bisa tahu apakah mereka berkompeten, benar-benar sesuai dengan bidangnya ataukah tidak. Untuk itu maka harus tahu kualitas seperti latar belakang pendidikan sampai dengan pengalaman dan perjalanan karir, apakah memang sesuai dibidangnya ataukah tidak.
  4. Cek ulasan atau review dari pengguna sebelumnya, jangan lupa juga untuk melihat review dari mereka yang sudah pernah mengikuti program pelatihan atau kelas dari lembaga pelatihan yang dimaksudkan tersebut, apakah memang banyak ulasan yang positif ataupun sebaliknya, hendaknya jangan memilih program pelatihan yang memang tidak banyak yang merekomendasikannya.
  5. Harga, dari satu program pelatihan dengan program pelatihan yang lain sudah pasti untuk tawaran harganya juga akan berbeda, dimana memang ada yang murah namun juga ada yang mahal. Tentunya hal ini jadi pertimbangan penting karena harus menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Apalagi jika seandainya pelatihan tersebut ditujukan untuk karyawan yang jumlahnya cukup banyak, pastinya semakin mahal harga akan semakin besar pula biaya yang harus dikeluarkan.

Program pelatihan kerja terbaik dapat Anda percayakan kepada Prasmul-ELI, lembaga yang satu ini sudah berpengalaman di bidang tersebut, dimana mereka menawarkan banyak program pelatihan, untuk harganya sendiri juga relatif masih terjangkau, sehingga bisa menjadi alternatif terbaik untuk Anda, baik yang sedang mencari pelatihan mandiri ataupun juga untuk karyawan perusahaan.