Pentingnya Bayar Pajak Online di Zaman Sekarang, Simak Berikut Ini!

Sebagai wajib pajak yang terdaftar dan memiliki NPWP maka anda wajib melakukan pembayaran pajak. Saat ini dengan kecanggihan teknologi, maka anda sudah dimudahkan pada pilihan pembayaran pajak online lewat komputer ataupun smartphone. Ditjen Jenderal Pajak sendiri sudah berbenah dan menyesuaikan dengan mengeluarkan aplikasi perpajakan yaitu sistem pembayaran online yang memudahkan anda untuk bayar pajak tanpa harus datang ke KPP terdekat.

Sistem perpajakan online ini sudah ada sejak tahun 2016. Tapi pastinya sampai sekarang masih banyak orang awam yang tidak terlalu memahami bagaimana proses pelaporan pajak secara online.

Bayar Pajak Itu Penting

Sebagai wajib pajak anda tentu harus membayar kewajiban tersebut karena pajak adalah sumber pemasukan utama negara. Pajak ini dimanfaatkan untuk pembangunan infrastruktur dan prasarana, baik di kota maupun di daerah-daerah. Jadi kalau anda tidak taat pajak maka berdampak pula pada kesejahteraan masyarakat.

Jenis-jenis pajak yang harus dibayar antara lain pajak penghasilan, pajak perdagangan pajak bumi dan bangunan serta pajak lainnya yang diatur dalam perundang-undangan perpajakan. Tidak hanya wajib membayar pajak, tapi juga harus melakukan pelaporan sebagai wajib pajak yang taat pajak.

Pajak yang anda bayarkan akan bermanfaat untuk :

  • Biaya pengeluaran negara untuk produksi barang ekspor.
  • Pengadaan fasilitas umum dan infrastruktur negara. Dari rumah sakit, sarana pendidikan sampai jalan umum dan lain-lain.
  • Pembayaran pajak diperlukan juga untuk pengadaan persenjataan atau pertahanan negara.
  • Bantuan kepada anak yatim dan masyarakat yang kurang mampu serta subsidi pangan dan bahan bakar.
  • Pembayaran pajak digunakan untuk membiayai segala pengeluaran negara yang sifatnya self liquidating.
  • Membiayai pengeluaran yang bersifat produktif dan biaya pengeluaran dan produktif serta non self liquidating tapi punya manfaat untuk masyarakat.

Tata Cara Bayar Pajak Online

Untuk Anda yang ingin bayar pajak online bisa melalui website DJP pajak resmi atau lewat aplikasi perpajakan yang bermitra dengan DJP. Anda bisa memanfaatkan Klikpajak untuk pembayaran pajak secara online lebih mudah dan praktis.

Anda bisa menggunakan ebilling untuk pembayaran perpajakan dengan sistem terbaru secara online untuk mengurangi kesalahan dan kekeliruan pada saat proses transaksi. Aplikasi e-billing ini dikeluarkan oleh Klikpajak yang bermitra dengan DJP pajak untuk memudahkan anda dalam pembayaran perpajakan kapan saja dan dimana saja.

  • Pertama sekali maka anda harus membuat kode billing terlebih dahulu. Proses pembuatan kode billing ini membutuhkan yang namanya Efin.
  • Setelah memiliki Efin, maka anda akan masuk ke tahap lanjutan yaitu pembuatan kode billing. Pembuatan kode billing ini bisa dilakukan lewat aplikasi yang sama yaitu Klikpajak. Jadi baik pembuatan kode billing dan bayar billing-nya sendiri bisa dilakukan tanpa pindah aplikasi. Untuk pembayaran billing sendiri menggunakan virtual account. Lewat kode e-billing pajak ini Anda bisa mendapatkan kode Akun Pajak dan Kode Jenis Setoran.
  • Setelah pembayaran pajak selesai, Anda akan menerima Bukti Penerimaan Negara dari DJP langsung. Bukti ini berupa NTPN yang akan dimasukkan dalam SPT Tahunan saat pelaporan pajak.
  • Anda yang melakukan keterlambatan atau tidak bayar pajak sama sekali meski Anda adalah wajib pajak maka harus mendapatkan sanksi. Sebelumnya persentase untuk sanksi pajak sebesar 2% ketika terlambat bayar atau lapor pajak. Namun saat ini, sanksi pajak bisa berubah-ubah per bulan tergantung tingkat suku bunga acuan. Untuk menghindari sanksi ini maka anda wajib bayar pajak tepat waktu karena sudah sangat dimudahkan dengan pembayaran pajak secara online.

Kini tentu anda sudah tahu bagaimana bayar pajak online memang sangat memudahkan hidup sebagai wajib pajak. Apalagi bagi Anda yang tidak punya banyak waktu untuk antri di kantor pajak, alternatif pembayaran pajak lewat aplikasi sangat-sangat bermanfaat.

Klikpajak sendiri merupakan aplikasi perpajakan yang sangat fleksibel karena tidak perlu di lakukan penginstalan dan pengunduhan. Anda hanya wajib mengakses aplikasi di web browser dan langsung bisa melakukan semua fitur-fiturnya untuk pelaporan dan pembayaran pajak. Menariknya lagi ada dua versi dari aplikasi Klikpajak, yaitu aplikasi gratis dan juga berbayar. Aplikasi berbayarnya sendiri anda perlu berlangganan tiap bulan dengan biaya yang cukup terjangkau. Informasi lebih lengkap mengenai berlangganan Klikpajak bisa akses klikpajak.id.