Tips SehatQ, 5 Cara Mengatasi Kulit Kusam dengan Bahan Alami

Masalah kekusaman pada kulit sering sekali menjadi keluhan kaum wanita. Kondisi ini memang akan menurunkan rasa percaya diri sehingga dibutuhkan solusi yang tepat. Sebenarnya ada banyak pilihan bahan alami yang mudah didapat dan dijamin aman mengatasi masalah kulit kusam. Berikut ini adalah 5 cara mudah memudarkan kekusaman kulit memakai bahan-bahan alami:

1. Aplikasikan Masker Madu

Salah satu bahan alami yang telah begitu populer dipilih untuk perawatan kulit ialah madu. Penggunaan masker madu sangat disarankan untuk memudarkan kekusaman pada kulit. Bahan ini bisa membantu tampilan kulit jadi lebih cerah dan glowing. Bahkan beberapa produk kecantikan dan perawatan kulit juga memakai madu sebagai salah satu bahan utamanya.

Cobalah memanfaatkan madu sebagai masker untuk membantu mendapatkan kulit yang cerah. Aplikasikan madu ke permukaan kulit lalu tunggu dulu kira-kira 10 hingga 15 menit. Jika sudah selesai langsung saja dibilas dengan air yang hangat. Segera aplikasikan pelembab untuk menghindari kulit menjadi kering setelah pemakaian masker.

2. Gunakan Minyak Kelapa

Masalah kulit kusam juga bisa diatasi dengan rajin mengaplikasikan pelembab. Selain menggunakan produk pelembab yang dijual di pasaran, bisa juga menggunakan pelembab wajah alami. Salah satu pilihan bahan alami yang cocok dipakai sebagai pelembab yaitu minyak kelapa.

Minyak kelapa bisa membantu menjaga kelembaban kulit dan membuatnya menjadi terlihat lebih sehat. Oleskan sedikit minyak kelapa ke kulit lalu lakukan pemijatan lembut agar minyak bisa meresap ke dalam. Selain bisa diaplikasikan sebagai pelembab, minyak kelapa ini juga dapat digunakan sebagai masker.

3. Manfaatkan Lidah Buaya

Berikutnya ada lidah buaya yang juga sudah sering digunakan untuk perawatan kesehatan kulit. Lidah buaya sangat mudah didapatkan dan memiliki sifat antioksidan serta antiinflamasi yang sangat baik bagi kulit. Lendir lidah buaya juga sering dijadikan bahan utama dalam pembuatan berbagai jenis produk kecantikan.

Lendir lidah buaya bisa digunakan sebagai masker wajah. Caranya mudah, cukup ambil lendir lidah buaya dan oleskan ke permukaan kulit sampai rata. Biarkan hingga mengering lalu bilas kulit wajah dengan air. Seketika kulit akan merasakan sensasi segar dan terasa lebih lembab.

4. Gunakan Masker Lemon

Buah lemon juga diketahui bisa membantu mencerahkan kulit kusam. Buah ini tinggi kandungan vitamin C yang diketahui sangat efektif membuat kulit menjadi lebih cerah. Tak hanya itu, buah lemon juga punya kandungan yang bersifat antioksidan sehingga sangat baik menjaga kesehatan kulit.

Cara pemakaiannya mudah, cukup aplikasikan perasan air lemon ke kulit. Biarkan saja sampai meresap kurang lebih 15 menit lalu cuci muka sampai sisa lemon sudah tidak terasa lengket di kulit. Namun, bahan ini tidak disarankan bagi orang dengan kondisi kulit yang sensitif karena rentan iritasi. Jangan lupa segera aplikasikan pelembab agar kulit tidak terasa kering.

5. Konsumsi Buah dan Minum Air Putih

Cara alami dan paling mudah untuk mencerahkan kulit adalah mengonsumsi banyak buah dan minum air putih. Penerapan pola makan yang sehat memang sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan dan kecerahan kulit. Daripada mengonsumsi camilan tinggi garam yang tidak sehat, lebih baik konsumsi buah-buahan segar. Imbangi juga dengan minum banyak air putih.

Itulah tadi 5 cara mengatasi masalah kulit kusam dengan bahan alami. Temukan lebih banyak lagi solusi kekusaman kulit dengan menemukan direktori penyakit dari SehatQ. Tersedia beragam solusi sehat untuk menjaga kondisi kulit agar terhindar dari kekusaman dan masalah kulit lainnya jika masalah kulit berlanjut bisa segera chat dokter.